Desain Rumah Minimalis Tampak Depan dengan Batu Alam

Rumah Minimalis Tampak Depan Dengan Batu Alam - Hai sobat, Salah satu hal yang membuat konsep rumah minimalis modern yang berkembang di tahun 1920an dan menjadi pilihan paling laris di tahun 2016 ini adalah dengan adanya penambahan sentuhan sederhana yang cenderung berbentuk lurus dan kotak yang terdapat pada depan rumah. Berdasarkan konsep rumah minimalis, desain rumah tampak depan cukup dilindungi dengan plester yang dihiasi dengan batu alam, penataan batu alam yang tepat dan akurat akan mengangkat keindahan rumah minimalis agar terlihat modern dan mewah.
Apabila di lihat tampak depan rumah minimalis, maka desain ini harus mengutamakan kesederhanaan akan tetapi tetap mempunyai unsur artistik yang tinggi. Bagi orang yang cenderung lebih menyukai konsep rumah modern, penempatan batu alam harus anda letakkan pada sisi yang tepat, agar kesan modern tak hilang karena adanya batu alam yang cenderung memberi kesan alami dan natural. Pemasangan Batu alam pada halaman depan rumah dapat anda padukan dengan taman yang hijau atau dengan kolam ikan dengan menambahkan tanaman dalam pot, dan mungkin bagus juga jika diberikan air mancur yang mempunyai bentuk konsep modern. efeknya, maka suasana akan mengaburkan batasan antara konsep natural atau alami dan konsep modern, sehingga kedua konsep ini mampu saling mengisi dan menjadi serasi.
Batu alam dengan bentuk dan warna yang bermacam-macam menjadi pilihan favorit untuk anda jadikan tambahan aksesoris sebuah rumah minimalis pada bagian depan yang dapat memberikan kesan cantik dan indah. Batu alam dari waktu kewaktu juga mengalami perkembangan dengan tersedianya batu alam berbentuk lempeng yang bentuknya seperti keramik, sehingga memudahkan tukang saat pemasangan batu alam pada dinding teras depan rumah. Dengan adanya aneka ragam bentuk dan warna batu alam, anda dapat memilih sesuai dengan selera, namun perlu anda ingat jangan lupa untuk tetap memperhatikan desain rumah anda sehingga untuk pemilihan batu alam mampu berjejer serasi dengan konsep desain rumah anda.
Berbicara tentang aneka ragam jenis batu alam, maka disini akan saya jelaskan secara ringkas tentang beberapa jenis batu alam yang dapat anda gunakan dalam mempercantik fasad rumah minimalis anda terutama pada bagian depan rumah anda.

Berikut beberapa yang mampu saya berikan tentang jenis batu alam tersebut:

Batu candi mempunyai tekstur yang kasar dan memiliki warna yang sangat gelap, seperti hitam dan abu-abu petang. Batu jenis candi ini cocok sekali untuk dijadikan aksessoris dengan mencocokkan warna yang kontras dengan warna dari cat dinding yang berwarna cerah. Warna cat yang berbeda dan sangat kontras akan menjadi pusat perhatian karena kombinasi ini sangat mencolok dipandangan orang yang lewat. Kelemahan dari batu candi yaitu pori-pori batu ini terbilang cukup besar dan rawan untuk menyerap air, sehingga jika anda malas untuk membersihkan batu jenis ini, maka rumah anda akan terlihat kumuh dengan adanya banyak lumut dan debu yang menempel pada batu alam jenis candi ini.

Batu paras memiliki sifat yang tidak jauh berbeda dengan batu candi, karena mempunyai warna yang gelap juga, dan tekstur permukaan batu yang juga sama kasarnya. Pori-pori pada batu ini juga lumayan besar.
Batu lempeng kali mempunyai warna gelap alami, akan tetapi batu kali mempunyai pori-pori yang kecil, lebih terlihat mengkilat, sehingga resiko untuk ditumbuhi lumut dan menjadi tempat singgah debu sangat kecil kemungkinannya.

Batu marmer mempunyai bahan yang sangat keras dan mempunyai warna yang terang. Kualitas dari batu marmer sangat bagus sehingga harga batu ini pun juga mahal. Dengan pori-pori yang kecil maka batu marmer tidak mudah kotor dan ditumbuhi lumut. Ada harga ada kualitas, begitu pepatah yang sangat cocok untuk diterapkan pada jenis batu ini.

Untuk desain rumah minimalis yang modern, maka batu alam cukup diterapkan pada beberapa bagian depan rumah saja, tidak usah banyak-banyak, karena akan menghilangkan kesan minimalis modernnya apabila anda memberikan batu alam yang terlalu berlebihan pada rumah anda di bagian depan. Sifat batu alam ini hanya untuk mempercantik tampilan saja, dan tidak dianjurkan untuk mendominasi halaman depan rumah anda. Untuk memberikan kesan variatif, maka anda dapat memberikan perpaduan dua atau lebih jenis batu alam. Misalnya saja batu kali yang mempunyai warna gelap yang bagus untuk dipasang pada tiang teras, kemudian pasang jenis batu lain lagi seperti misalnya saja batu marmer yang mempunyai warna yang lebih lembut dan terang dipasang pada bagian tembok rumah. 2 kombinasi jenis batu ini dapat menghasilkan tampilan yang unik dan indah. Adapun pilihan lainnya adalah dengan menggunakan batu alam yang dipasang di bagian rumah sebagai relief.

Untuk memadukan konsep desain rumah anda dengan batu alam, maka di sini juga akan saya berikan tips dan trik dalam memilih desain rumah tampak depan. Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan pada saat merancang fasad rumah tentunya dengan menggunakan batu alam. Bagaimanakah tips dalam tahap memilih desain ini, mari kita bahas lebih lanjut di bawah ini:

Tips memilih desain rumah minimalis tampak depan:

Pilihlah pada bagian tertentu yang sekiranya banyak menjadi perhatian orang, sehingga pada bagian itu akan terlihat indah dan memberikan kesan yang indah untuk bagian yang lainnya juga, ingat kesan pertama begitu menggoda. Aplikasi batu alam tidak harus berada pada bagian yang menghadap ke depan saja, namun dapat juga bagian lain yang mungkin lebih menarik apabila diterapkan konsep tersebut. Misalnya saja dipasang pada bagian dinding samping, karena bagian itu bisa jadi adalah bagian yang sering dilihat oleh banyak orang.
Pemilihan warna, maka pilihlah warna batu alam yang memberikan kesan kontras dengan warna cat dinding rumah anda. Karena warna yang pas akan menjadikan batu alam bercampur dengan warna cat rumah dan tidak terlihat kalau ternyata pada bagian itu dipasangi aksesoris batu alam, sehingga keindahannya tak akan terlihat dan cenderung samar. Namun sebaliknya, warna yang kontras tentunya akan memberikan efek yang lebih menarik perhatian dari banyak orang.

Batu alam bukanlah suatu struktur pelindung utama dari fasad rumah minimalis. Oleh karena itu maka usahakan anda untuk tak menutupi lebih dari 30% bangunan rumah bagian depan anda. Perhatikan juga karena apabila terlalu banyak penerapan batu yang berwarna gelap akan memberikan kesan yang suram dan menyeramkan. Karena bukan tidak mungkin apabila batu alam mendominasi lebih dari 50% tembok bagian depan rumah minimalis anda. Untuk itulah anda harus memastikan untuk tidak menggunakan batu kali atau batu paras yang warnanya cenderung gelap dengan berlebihan.


Perlu diperhatikan juga bahwa batu alam secara umum juga mempunyai beberapa kelemahan. Fasad rumah yang dilapisi batu itu harus sering dibersihkan dan dirawat dengan baik, karena dengan adanya perhatian dan perawatan yang rutin dapat mencegah tumbuhnya lumut di bagian tersebut. Lalu proses pemasangannya juga harus mendapat perhatian khusus, agar dapat memastikan bahwa lempengan batu itu tidak lepas apabila terkena panas dan hujan serta hentakan dari luar.


itulah informasi yang dapat saya berikan pada kesempatan kali ini, semoga beberpa ilmu yang saya berikan di atas dapat memberikan anda pemahaman lebih dalam memilih desain rumah tampak depan minimalis dengan batu alam yang menghiasi. Jangan lupa untuk membaca juga artikel lainnya ya?

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Renovasi Rumah Hemat | Renovasi Rumah Tanpa Kebobolan

75 Model Rumah Sederhana tapi Kelihatan Mewah