Renovasi Rumah Hemat | Renovasi Rumah Tanpa Kebobolan

Apakah Anda berencana untuk melakukan renovasi rumah kesayangan Anda dengan biaya renovasi rumah hemat?
Bila ya, sebaiknya Anda mulai bersiap dan mempersiapkan segala sesuatunya, karena renovasi rumah hemat merupakan pekerjaan yang tidak bisa dianggap enteng. Pikiran, tenaga, waktu, dan terutama biaya, akan tercurah untuk pelaksanaan renovasi. Apalagi bila yang dilakukan adalah renovasi yang cukup besar seperti meningkat rumah, menambah ruangan atau mengganti atap.
Renovasi Rumah Hemat

Namun, Anda tidak perlu khawatir. Pada dasarnya biaya renovasi dapat dihemat, asalkan Anda mempersiapkan sesuatunya secara cermat. Ada beberapa hal yang sebaiknya Anda perhatikan untuk penghematan biaya renovasi rumah, antara lain:

Perencanaan sebelum memulai renovasi rumah hemat

Kebanyakan pembengkakan biaya renovasi rumah umumnya terjadi karena banyak proses atau pekerjaan yang semula tidak termasuk dalam rencana, ternyata ikut dilakukan. Selain itu perubahan-perubahan di sana-sini saat pelaksanaan pekerjaan renovasi juga menjadi salah satu penyebabnya.

Oleh karena itu, perencanaan renovasi rumah hemat harus dilakukan dengan cermat dan sebaik-baiknya, termasuk juga desain dan detail yang diperlukan harus dipikirkan dan diputuskan secara matang agar perubahan saat pelaksanaan dapat diminimalisir.

Pengawasan saat pelaksanaan renovasi rumah hemat

Pengawasan saat pelaksanaan pekerjaan renovasi berlangsung sangat dibutuhkan. Pengawasan yang cermat akan dapat mengurangi kemungkinan terjadinya kesalahan dan membuat renovasi rumah hemat Anda berjalan sesuai rencana sehingga pengeluaran biaya renovasi dapat terkontrol.
Anda dapat menyerahkan pengawasan kepada orang yang Anda percaya, tetapi akan lebih baik lagi jika Anda dapat mengawasi sendiri pelaksanaan pekerjaan renovasi tersebut.

Waktu pelaksanaan renovasi rumah hemat

Pemilihan waktu yang tepat untuk pelaksanaan pekerjaan renovasi juga harus direncanakan dengan sebaik-baiknya agar pekerjaan dapat berlangsung sesuai dengan rencana.
Salah satu contohnya adalah menyangkut musim atau kondisi cuaca, dimana musim kemarau pada umumnya merupakan waktu yang tepat dengan berlimpahnya sinar matahari dapat membuat pekerjaan cor beton, plesteran, dan cat lebih cepat kering. Dengan begitu, waktu yang dibutuhkan untuk penyelesaian renovasi menjadi lebih singkat yang berujung pada penghematan biaya. Sebaliknya, melakukan pengecatan di musim hujan dapat mengakibatkan pelaksanaan renovasi tertunda karena cuaca.

Material renovasi rumah hemat

Jenis dan spesifikasi material yang akan digunakan sangat penting untuk menentukan besarnya biaya renovasi. Pada bagian-bagian yang tidak terkait langsung dengan struktur dapat menggunakan material yang hemat biaya, murah, atau bahkan menggunakan material bekas. Namun yang harus diingat, untuk bagian yang terkait atau termasuk dalam struktur, jangan sekali-sekali menurunkan spesifikasi, karena berisiko dan dapat membahayakan kekuatan rumah.

Selamat melakukan renovasi rumah hemat!

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Desain Rumah Minimalis Tampak Depan dengan Batu Alam

75 Model Rumah Sederhana tapi Kelihatan Mewah