Mitos Keliru Seputar Renovasi Rumah dan Bangun Rumah

Mungkin Anda bertanya-tanya, apa maksud dari judul artikel mitos keliru seputar renovasi rumah di atas? Bila Anda penasaran, silahkan simak kelanjutannya di bawah ini.

Hal yang biasa terjadi dan menjadi pertimbangan jika Anda berkeinginan menjual rumah Anda adalah melakukan renovasi rumah dengan biaya renovasi yang seefisien mungkin sebelum dilihat langsung oleh calon pembeli. Dengan melakukan renovasi, Anda tentunya berharap bisa memberikan atau menampilkan sesuatu yang akan mampu menambah nilai jual pada rumah Anda sehingga Anda dapat menawarkannya dengan harga yang lebih tinggi.

Harapan untuk memperoleh harga jual rumah yang tinggi melalui renovasi rumah seolah-olah menjadi tuntutan tersendiri untuk dapat menampilkan sosok rumah yang lebih cantik, lebih nyaman, dan lebih berkelas.

Namun sayangnya renovasi rumah bukan sekadar mengganti tampilan yang lebih wah, lebih cantik, atau sekedar memperbaiki kerusakan saja. Sebelum melakukannya, pikirkan baik-baik, karena salah-salah, bukannya memperoleh pembeli, Anda justru menjauhkan calon pembeli dari rumah Anda. Karena pada kenyataannya banyak orang yang terjebak pada pikiran-pikiran dan mitos keliru seputar renovasi rumah yang akan dilakukan.

Berikut beberapa mitos keliru seputar renovasi rumah yang seringkali hadir dalam benak pemilik rumah:

Renovasi rumah dengan merubah tampilan macam apapun akan menaikkan nilai jual

Ini mitos keliru seputar renovasi rumah yang pertama; Perlu diingat, selera setiap orang akan berbeda-beda, seperti misalnya, Anda mengira melakukan renovasi rumah dengan menambahkan balkon, orang-orang yang melihat rumah Anda akan segera menyukainya. Padahal, kondisi rumah dan lingkungan rumah tidak mendukung adanya balkon tersebut. Umumnya orang yang ingin menikmati adanya balkon adalah orang yang ingin merasakan udara yang lebih segar dari ketinggian atau ingin menikmati pemandangan indah dari panorama di sekitarnya. Bayangkan jika di lingkungan Anda ada daerah yang masih tergolong “kumuh”? Apa yang akan terbayang oleh calon pembeli yang mencoba berdiri di balkon dan melihat kondisi seperti itu?

Anda merasa dapat melakukan renovasi rumah sendiri

Mitos keliru seputar renovasi rumah yang kedua; Anda merasa akan dapat melakukan renovasi rumah sendiri, nyatanya, tidak selalu begitu dan tidak semudah itu melakukan renovasi rumah sendiri. Pernahkah terbayangkan oleh Anda bagaimana repotnya mengurus tukang yang mengerjakan renovasi, kerepotan mengatur keuangannya, memecahkan masalah dan membuat keputusan-keputusan terkait proses pengerjaan renovasi.  Alih-alih dapat menghemat biaya renovasi rumah, jika terjadi kesalahan, malah akan lebih banyak lagi biaya yang harus Anda keluarkan.
Walau bagaimanapun, Anda akan membutuhkan bantuan dan jasa profesional seperti kontraktor renovasi rumah yang tentunya lebih berkompeten untuk mengerjakannya.

Memiliki Kolam renang akan pasti dapat menarik calon pembeli

Mitos keliru seputar renovasi rumah ketiga;Memang banyak orang yang berpendapat, bahwa memiliki fasilitas kolam renang dalam suatu rumah tinggal adalah tiket untuk menjual rumah tersebut dengan mudah. Namun kenyataanya, belum tentu dan tidak selalu terjadi.
Lokasi rumah sangat menentukan dalam hal ini. Jika setiap hari udara di sekitar rumah tersebut cukup panas, mungkin saja hal ini dapat berlaku. Tetapi di tempat yang dingin, tentu akan berbeda. Lagipula, dengan adanya kolam renang berarti secara keseluruhan rumah tersebut membutuhkan perawatan ekstra, dan belum tentu calon pembeli Anda siap dengan konsekuensi tersebut.

Ikuti tren desain terbaru dapat menarik minat calon pembeli


Dan ini mitos keliru seputar renovasi rumah yang terakhir; Mencari inspirasi desain terkini yang akan diaplikasikan dalam renovasi rumah atau mencari tahu apa yang sedang digemari dan menjadi trend di masyarakat. Namun sekali lagi disayangkan, sekedar mengetahui dan mengaplikasikan desain yang sedang in belum tentu relevan dengan minat calon pembeli rumah Anda. Lebih baik Anda memilih hal-hal yang lebih abadi dan netral, serta disesuaikan dengan kondisi lingkungan dan iklim di sekitarnya.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Desain Rumah Minimalis Tampak Depan dengan Batu Alam

Renovasi Rumah Hemat | Renovasi Rumah Tanpa Kebobolan

75 Model Rumah Sederhana tapi Kelihatan Mewah