Cara Desain Rumah Sederhana Yang Indah

Cara Desain Rumah Sederhana Yang Indah - Perbedaan cara desain model rumah sederhana dan rumah mewah sebenarnya hanya terletak pada bentuk fisik rumah dan luas bangunannya saja. Namun untuk menciptakan suasana tenang dan nyaman pada kedua model rumah tersebut, tergantung dari cara kita mendesain eksterior dan interiornya. Dengan kata lain, meskipun hanya kategori rumah sederhana bukan tidak mungkin menjadi hunian nyaman dan tak kalah dengan rumah mewah jika melalui proses desain yang tepat.Rumah sederhana memang sering dikaitkan dengan keterbatasan luas bangunan.
Rumah Sederhana Yang Indah


Sejauh ini yang termasuk kategori rumah sederhana adalah rumah type 21, type 36, dan type 45. Dengan luas bangunan yang bisa dikatakan minim, tentu membutuhkan cara khusus supaya menjadi tempat tinggal yang mampu memberi nuansa nyaman didalamnya. Artinya, meskipun membuat rumah sederhana relatif mudah, namun khusus interiornya butuh ide-ide kreatif untuk menyamarkan kesan sempit dengan cara memaksimalkan luas ruang yang ada sesuai kebutuhan.Memprioritaskan Sirkulasi Udara dan PencahayaanSeperti yang dikatakan diatas, rumah sederhana identik dengan terbatasnya luas bangunan. Untuk itu perlu adanya pengembangan pedoman khusus untuk menata rumah sedemikian rupa agar tercipta lingkungan rumah sederhana yang sehat. Untuk memaksimalkan faktor kesehatan pada cara desain model rumah sederhana yang indah, perlu adanya ventilasi yang memadai supaya sirkulasi udara berjalan normal.

Satu lagi faktor yang tidak kalah pentingnya adalah tata cahaya. Untuk rumah sederhana wajib mendapat pasokan cahaya alami ataupun cahaya buatan dengan porsi seimbang. Dari sektor keamanan juga perlu pemantauan yang cukup dan sumber air yang memadai harus tersedia.

Apabila rumah sederhana ingin dibuat 2 lantai maka aspek penting yang harus diperhatikan adalah faktor cuaca serta letak geogarafis dimana rumah akan dibangun. Jika lahan terletak di dataran tinggi serta intensitas curah hujan yang cenderung ekstrim, sebaiknya rumah dibangun dengan 1 lantai saja. Hal ini untuk menghindari kemungkinan-kemungkinan buruk yang dapat terjadi apabila bangunan terlalu tinggi.

Pedoman paling praktis untuk membuat rumah sederhana adalah dengan memastikan kemudahan dalam merawat rumah. Perhatikan atau beri tanda khusus pada jalur-jalur seperti saluran air kotor atau saluran air bersih agar mudah dicapai terutama untuk mempermudah perbaikan jika terjadi kerusakan. Perhatikan juga jalur atau terminal kabel listrik serta pendistribusiannya, agar konsleting dapat diminimalkan sehingga resiko kebakaran bisa dihindari.

Cara desain model rumah sederhana yang indah juga wajib memperhatikan instalasi saluran air bagian atas atau talang. Pastikan talang sudah pada derajat kemiringan yang tepat agar tidak terjadi kebocoran saat musim hujan tiba. Untuk memudahkan perbaikan pada atap dan genteng, bisa dibuat man hole atau plafon bukaan yang tidak dipaku. Idealnya plafon yang didesain khusus ini dipasang di pojok atas ruangan bagian belakang supaya tidak mudah ter-ekspos dari ruang utama.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Desain Rumah Minimalis Tampak Depan dengan Batu Alam

Renovasi Rumah Hemat | Renovasi Rumah Tanpa Kebobolan

75 Model Rumah Sederhana tapi Kelihatan Mewah